8 Cara Sederhana Menjaga Kebersihan Rumah Kos

Spread the love

Membersihkan rumah kos adalah hal penting supaya tetap bersih dan wangi sepanjang hari. Memiliki kos memang harus dijaga dengan baik sehingga akan merasa nyaman tinggal di sana. Jangan sampai di dalam kos atau lingkungan kos tidak dijaga dengan baik sehingga bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Membersihkan kos bisa dimulai dengan membersihkan kasur terlebih dahulu dengan cara mengganti seprei seminggu atau 2 minggu sekali dan kemudian yang lainnya. Bagi Anda yang ingin menjaga kos supaya lebih nyaman harus membersihkannya secara rutin dan dengan baik. Nah, di bawah ini adalah 8 cara simpel menjaga kebersihan kos supaya tetap bersih dan wangi.

8 Cara Simpel Menjaga Kebersihan Rumah Kos Agar Tetap Bersih dan Wangi

8 cara simpel menjaga kebersihan kos agar tetap bersih dan wangi adalah :

  1. Menyapu dan Mengepel Lantai Kos

Salah satu cara simpel yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan kos adalah dengan menyapu dan mengepel lantai kos. Lantai di kos adalah sarang kuman dan tidak jarang banyak makanan atau minuman yang tercecer sehingga akan menyebabkan lantai kotor. Oleh sebab itu, usahakan menyapu lantai kos dan kemudian mengepelnya.

Untuk mengepel lantai sebenarnya tidak perlu dilakukan setiap hari jika lantai masih bersih dan tidak ada makanan atau noda yang menempel di lantai. Kamu bisa mengepel lantai kos 2 kali sehari sudah cukup. Jangan lupa mencuci bersih kain pel yang sudah kamu gunakan untuk mengepel supaya tetap bersih dan tidak mudah rusak juga.

Menyapu dan mengepel lantai kos adalah salah satu hal kecil yang dapat Anda lakukan supaya kos tetap bersih dan wangi sepanjang hari. Kamu bisa menggunakan cairan pembersih lantai supaya lantainya terasa wangi dan bersih.

  1. Membuang Sampah di Tempatnya

Cara berikutnya adalah usahakan selalu membuang sampah di tempatnya dengan baik. Sampah yang dibuang sembarangan di area kos akan menyebabkan bau tidak sedap, berantakan dan juga bisa jadi sarang nyamuk jika hujan. Terlebih lagi membuang sampah sisa makanan yang bisa busuk sehingga harus segera dibuang dan buanglah pada tempat yang sudah disediakan.

Biasanya di kos pasti akan disediakan tempat sampah sehingga penghuninya dapat membuang sampah di tempatnya. Jika melihat sampah berserakan di area kos ada baiknya untuk memungut atau menyapunya kemudian dibuang ke tempat sampah. Lingkungan kos yang kotor karena sampai berserakan akan membuat kos tidak sehat untuk ditinggali.

  1. Mematikan Kran Air Jika Tidak Dipakai lagi

Jangan lupa mematikan kran air jika sudah tidak dipakai lagi, apalagi membiarkannya sampai kamar mandi menjadi banjir. Usahakan selalu hemat air dan jangan sampai air menggenang di lantai. Kebiasaan satu ini sangat baik, namun sayangnya masih banyak orang yang tidak memperdulikannya.

Dengan mematikan kran air yang tidak dipakai lagi untuk menghemat air, namun juga menjaga kebersihan di area kos. Air yang menggenang di lantai bisa menyebabkan lantai menjadi kotor, apalagi sampai terinjak bisa membahayakan orang lain. Itulah sebabnya penting untuk mematikan kran air jika sudah selesai dipakai.

  1. Mengganti Seprei Secara Berkala

Pastikan kamu mengganti seprei di rumah kos secara berkala supaya tetap bersih dan wangi. Seprei adalah bagian yang mudah kotor karena kita sering duduk dan tiduran di sana. Tidak jarang banyak penghuni kos yang makan sambil minum di atas kasur sehingga seprei cepat kotor.

Sebaiknya kamu mengganti seprei secara berkala minimal 1 minggu sekali supaya tetap bersih dan wangi. Pastikan kamu juga memiliki lebih dari 1 seprei atau minimal 2 jadi apabila yang satu dicuci maka kamu bisa menggunakan satunya lagi. Jangan lupa juga mengganti seprei bantal dan guling sehingga tetap bersih dan nyaman untuk istirahat.

  1. Membersihkan Kamar Mandi dan WC Berkala

Sebaiknya kamu membersihkan area kamar mandi juga secara berkala supaya tetap bersih dan wangi. Membersihkan kamar mandi minimal 1 minggu atau 1 bulan sekali supaya tetap bersih. Apalagi untuk kamar mandi yang digunakan bersama sehingga harus sering dibersihkan agar tidak mudah kotor.

Jangan lupa juga membersihkan WC atau closetnya sehingga tetap terjaga kebersihannya. Seperti yang kita ketahui bahwa closet adalah tempat yang paling kotor karena digunakan untuk membuang kotoran dari manusia. Oleh sebab itu, perlu dibersihkan secara berkala agar tetap bersih dan juga wangi.

  1. Menyingkirkan Sampah yang bisa Menampung Air

Jika melihat sampah berserakan dan dapat menampung air sebaiknya disingkirkan. Hindari juga membiarkan bekas air minum yang masih terisi air dalam waktu yang lama dan terbuka. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan nyamuk semakin banyak karena bisa dijadikan sebagai sarang nyamuk.

Terlebih lagi di musim penghujan sehingga beberapa sampah dapat menampung air. Segeralah buang air yang ada di sampah tersebut dan kemudian buang ke tempatnya. Membuang sampah pada tempatnya dan mencegah adanya sarang nyamuk adalah langkah yang baik untuk mencegah penyakit DBD di lingkungan kos.

Selama ini banyak lingkungan kos yang mudah terserang penyakit DBD karena banyak penghuni kos yang tidak memperhatikan kebersihan lingkungan dengan baik. Jika kamu menemukan sampah sudah menumpuk sebaiknya membuangnya di tempat sampah lebih besar yang umum digunakan untuk mengumpulkan sampah dan nantinya akan diambil oleh tukang sampah yang ditugaskan.

  1. Menjaga Kebersihan Pakaian sampai Sepatu

Menjaga kebersihan pakai sampai sepatu adalah bagian dari menjaga kebersihan kos juga. Jangan sering menggantung pakaian di balik pintu karena bisa dijadikan sebagai tempat persembunyian nyamuk. Setelah pakaian dipakai dan kotor langsung dicuci atau dimasukkan ke tempat menampung cucian kotor.

Segeralah mencuci pakaian kotor dan keringkan sampai kering sebelum Anda menyetrika supaya lebih rapi. Kamu juga bisa menggunakan jasa laundry yang ada di sekitar kos jika tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian sendiri.

Kamu juga harus rutin membersihkan sepatu atau sendal yang sering digunakan sehari-hari. Sepatu adalah bagian yang mudah kotor dan pastinya banyak kuman yang menempel di sana sehingga harus dicuci secara berkala agar tetap bersih dan wangi.

  1. Membersihkan Debu-debu yang Menempel

Terakhir adalah pastikan juga kamu membersihkan debu-debu yang menempel. Jika banyak debu yang menempel pasti akan membuat kurang nyaman karena terlihat kotor. Selain kamu harus membersihkan lantai, namun juga perlu membuang debu-debu yang menempel di dinding, langit-langit atau perabotan di dalam kos agar bersih.

Bersihkan debu yang menempel di kos secara berkala agar terlihat bersih dan enak dipandang. Kamu juga tidak malu jika ada tamu yang datang ke kos karena sudah bersih dan rapi setelah dibersihkan. Kamu bisa memberikan pengharum ruangan supaya kos lebih wangi dan nyaman ditinggali.

Itulah 8 cara menjaga kebersihan rumah kos dengan baik agar tetap bersih dan wangi sepanjang hari.