5 Kesalahan Umum Saat Berbisnis Rumah Kos

Spread the love

Bisnis rumah kos terbilang cukup menjanjikan, namun terkadang ada banyak kesalahan yang dapat terjadi saat menjalankan bisnis tersebut. Oleh sebab itu, bagi kamu yang baru memulai bisnis rumah kos perlu tahu dan menghindari sejumlah kesalahan yang kerap dilakukan. Bisnis rumah kos memiliki prospek yang cukup baik dan bisa diandalkan untuk penghasilan pasif setiap bulan.

Namun sebagai pebisnis rumah kos tentu saja pernah mengalami kendala selama membangun bisnis. Bahkan beberapa diantaranya bisa fatal jika kamu tidak memperhatikan tips dalam mengembangkan bisnis rumah kos dengan baik. Berikut ini adalah 5 kesalahan yang perlu kamu waspadai saat menjalankan bisnis rumah kos.

5 Kesalahan yang Wajib Diwaspadai saat Memulai Bisnis Rumah Kos

5 kesalahan yang umum terjadi dan wajib kamu waspadai saat menjalani bisnis rumah kos adalah :

  1. Perencanaan Bisnis Dianggap Remeh

Salah satu kesalahan yang umum terjadi saat berbisnis rumah kos adalah perencanaan bisnis dianggap remeh. Khususnya bagi pebisnis pemula yang belum pernah menjalankan bisnis sebelumnya dan menganggap perencanaan bisnis bukan hal yang penting. Padahal perencanaan bisnis adalah salah satu langkah awal untuk kesuksesan bisnis Anda sehingga tidak boleh dianggap remeh.

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan soal perencanaan bisnis rumah kos yang harus kamu ketahui. Contohnya adalah bentuk rumah kos-kosan, fasilitas yang diberikan, target pasar dan yang lainnya. Oleh sebab itu, bagi kamu yang akan memulai bisnis rumah kos perlu memperhatikan perencanaan bisnis dengan matang.

Dengan begitu, bisnis rumah kos kamu dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan. Ada hal lain juga yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis rumah kos, seperti perkiraan waktu balik modal, harga sewa kamar kos dan yang lainnya. Jangan hanya sekedar menerima bayaran dari penyewa saja dan tidak tahu progres keuangan di dalam bisnis kamu untuk ke depannya supaya tidak rugi.

  1. Tidak Melakukan Promosi

Kesalahan kedua yang sering terjadi adalah tidak melakukan promosi atau iklan. Iklan memang harus mengeluarkan modal, namun hal ini sangat penting sekali bagi kesuksesan bisnis rumah kos kamu. Apalagi zaman sekarang serba canggih dan ada banyak media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk beriklan.

Beriklan rumah kos di media sosial tidak ada salahnya atau kamu juga bisa beriklan melalui platform marketpklace, seperti OLX. Biasanya di sana ada banyak informasi penawaran rumah kos yang tersedia bagi yang membutuhkan. Tentu saja kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan beriklan melalui internet seperti ini.

  1. Tidak Perhatikan Harga Pasar

Kesalahan ketiga adalah kamu tidak memperhatikan harga pasarannya sebelum mulai berbisnis rumah kos. Sebelum kamu mulai bisnis rumah kos sebaiknya sudah mulai mencari informasi mengenai harga pasar di daerah atau sekitar kamu. Kamu bisa mencari informasi harga pasaran sewa kos dari internet sehingga bisa menentukan harga sewa dengan tepat.

Kamu juga perlu mengecek apa saja fasilitas yang diberikan oleh kompetitor sehingga bisa mengetahui detail perbedaannya. Umumnya harga sewa rumah kos tergantung dengan fasilitas dan lokasinya. Semakin lengkap fasilitas yang diberikan dan semakin dekat dengan sejumlah fasilitas umum pasti harga sewa rumah kos akan lebih mahal.

  1. Tidak Membuat Aturan bagi Penyewa Kos

Kesalahan keempat adalah sebagai pemilik rumah kos tidak membuat aturan bagi penyewa kos. Nah, kesalahan seperti ini yang sering dianggap remeh oleh pemilik kos karena merasa membatasi penyewa. Membuat aturan, khususnya secara tertulis adalah hal umum yang dilakukan dan ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh.

Contoh keuntungan membuat aturan bagi penyewa kos adalah mereka akan lebih disiplin dan tidak melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain selama sewa kos. Pastikan kamu membuat dan menulis aturan bagi penyewa kos sedetail mungkin dan berikan informasi mengenai aturan-aturannya sebelum mereka mulai menyewa rumah kos.

Ada banyak jenis aturan yang sebaiknya dibuat di area kos, seperti dilarang membawa teman ke dalam kamar, jam tutup kos, dilarang membuang sampah di kamar mandi atau lingkungan kos, dilarang membuat keributan, dilarang membawa minuman beralkohol, aturan pembayaran sewa kos dan yang lainnya.

  1. Bisnis Tidak Dikelola dengan Efektif

Kesalahan terakhir yang sering terjadi adalah bisnis rumah kos tidak dikelola dengan efektif. Sebagai pemilik kos harus bisa mengikuti perkembangan teknologi sehingga bisa memudahkan kedua belah pihak.

Contohnya adalah mengenai cara pembayaran sewa kos tidak harus cash, namun bisa melalui m-banking atau metode pembayaran lain yang lebih praktis seperti sekarang ini. Agar mempermudah komunikasi dengan penyewa kos ada baiknya memberikan kontak WA atau nomor untuk menerima keluhan atau saran perbaikan dari penyewa.

Itulah 5 kesalahan yang perlu kamu waspadai saat menjalankan bisnis rumah kos supaya dapat dihindari dengan baik.