Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Kos

Spread the love

Bagi kamu yang sedang bingung mencari kamar kos untuk ditinggali harus benar-benar memperhatikan beberapa hal. Biasanya kamar kos banyak disewakan di daerah perkantoran, pabrik, kampus dan yang lainnya. Setiap tempat kos umumnya menawarkan fasilitas dan juga harga yang berbeda-beda.

Demi kenyamanan dan rasa aman berada di kos kamu tentu saja harus memperhatikan beberapa hal. Terlebih lagi Anda akan tinggal di kos dalam waktu yang cukup lama sehingga tidak boleh asal mencarinya. Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memilih kos untuk ditinggali.

Hal-hal Penting Saat Memilih Kos Untuk Ditinggali

Hal-hal penting yang perlu kamu perhatikan saat memilih kos untuk ditinggali adalah :

  • Menentukan Budget

Hal penting pertama yang perlu kamu perhatikan saat memilih kos adalah menentukan budget. Perlu kamu ketahui bahwa setiap tempat kos menawarkan harga yang berbeda-beda. Sebelum kamu mencari kamar kos sebaiknya menentukan budget terlebih dahulu.

Hal ini sangat penting diperhatikan mengingat saat ngekos pasti kebutuhan yang lainnya akan banyak. Itulah sebabnya kamu perlu menentukan budget sewa kos sesuai dengan kemampuan. Biasanya ada penawaran sewa kos per bulan atau per tahun sesuai sehingga Anda tinggal menentukannya saja yang sesuai budget.

  • Mencari Jauh-jauh Hari

Sebaiknya kamu sudah mencari kos jauh-jauh hari sebelum mulai ditinggali. Hal ini perlu kamu lakukan supaya leluasa dalam memilih tempat kos yang nyaman dan sesuai dengan keinginan. Kamu juga tidak perlu tergesa-gesa mencari kamar kos karena memiliki banyak waktu untuk memilihnya.

Minimal kamu sudah mulai mencari kamar kos 1 bulan sebelum menempatinya sehingga bisa melakukan persiapan untuk pindah ke kos. Kamu juga tidak akan gegabah dalam memilih kos karena masih bisa membandingkan tempat kos yang satu dengan lainnya yang paling nyaman dan sesuai dengan budget yang telah ditentukan tadi.

  • Menanyakan Semua Fasilitas yang Didapatkan

Sebelum mulai ngekos sebaiknya tanyakan dahulu apa saja fasilitas yang akan didapatkan. Setiap kos pasti menawarkan fasilitas yang berbeda-beda dan biasanya akan mempengaruhi harganya. Umumnya fasilitas yang diberikan di tempat kos, seperti kamar mandi dalam atau luar, WIFI, listrik, kasur, lemari, meja, dapur dan masih banyak yang lainnya.

Kamu bisa mencari kamar kos dengan fasilitas sesuai dengan keinginan jika menanyakan semua fasilitas yang diberikan. Terlebih lagi kamu akan tinggal di kos dalam waktu yang lama sehingga soal fasilitas adalah hal yang sangat penting supaya lebih merasa nyaman.

  • Membandingkan Harga

Cobalah membandingkan harga antara tempat kos yang satu dengan lainnya. Terutama bagi kamu yang akan ngekos dalam waktu yang lama sehingga perlu memperhatikan harganya. Jika kamu mencari kos untuk bekerja sebaiknya mencari harga yang sesuai dengan budget. Kamu juga perlu memperhatikan fasilitas apa saja yang didapatkan dengan harga yang ditawarkan.

Tidak ada salahnya kamu mencari informasi tempat kos sebanyak-banyaknya supaya bisa mencari harga yang pas. Apalagi saat ini ada banyak agen cari kos yang tersedia sehingga bisa membantu kamu mencari kos yang sesuai dengan keinginan dan budget. Kamu bisa memperoleh informasi kos yang masih tersedia sesuai dengan daerah masing-masing dengan mudah dan cepat.

  • Menanyakan Apakah ada Penjaga Kos

Pastikan kamu menanyakan apakah ada penjaga kos atau tidak di tempat kos tersebut. Demi kenyamanan dan keamanan tentu saja perlu menanyakan hal seperti ini sebelum mulai ngekos. Biasanya ada beberapa rumah kos yang memang ada bapak atau ibu kos yang tinggal di sana.

Tentu hal seperti ini harus jadi pertimbangan kamu supaya mendapatkan kenyamanan selama ngekos. Biasanya jika penjaga kos atau ada bapak dan ibu kos akan lebih aman dan biasanya jika ada hal yang mendesak seperti sakit dan butuh bantuan kamu bisa meminta tolong ke bapak atau ibu kos yang ada di sana untuk membantunya. Namun jika kamu kurang nyaman dengan adanya penjaga kos atau bapak dan ibu kos di sana bisa mencari kos yang tanpa penjaga.

  • Mengecek Lingkungan Sekitar Kos

Terakhir adalah kamu perlu mengecek lingkungan sekitar kos supaya lebih nyaman. Mencari tahu seperti apa lingkungan sekitar kos adalah hal penting yang perlu kamu ketahui sehingga dapat menghindari hal yang tidak diinginkan. Pastikan kamu memilih tempat kos yang tidak terlalu sepi atau di daerah yang jauh dari permukiman sehingga cukup berbahaya.

Jangan mudah tergiur dengan harga murah, namun kamu harus mencari tahu kelebihan dan kekurangan di tempat kos tersebut. Terutama adalah keadaan lingkungan tempat kos apakah nyaman atau tidak. Biasanya juga ada kategori kos khusus laki-laki, perempuan atau campur sehingga kamu harus memilihnya sesuai dengan kenyamanan.

Begitulah hal-hal penting yang harus kamu perhatikan saat memilih kos untuk ditinggali supaya merasa nyaman dan aman.